Rabu, 07 Januari 2015

Efektifkah Ujian Nasional Dalam Proses Pembelajaran?



S
etiap menjelang berakhirnya tahun ajaran, setiap instansi pendidikan (baik sekolah, Dinas Pendidikan dll) tentunya di sibukkan dengan penyelenggaraan yang rutin di lakukan setiap tahunnya yakni Ujian Nasional (UN). Mulai dari persiapan logistik (lembar soal) hingga persiapan administrasi peserta (UN) yang jauh-jauh hari di siapkan; seperti usulan calon peserta UN, BIOS UN (Biodata Peserta UN) dan juga kesanggupan setiap sekolah untuk menyelenggarakan UN. Hal ini tidak terlepas dari peran pemerintah (dibaca MENDIKNAS) dalam upaya mencerdaskan bangsa, seperti yang tertuang dalam UUD 1945 yakni “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Namun dibalik itu semua masih mengundang pro dan kontra dari beberapa pihak yang menjadikan UN sebagai standar kelulusan. Pasalnya UN di anggap kurang/tidak efektif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan fakta yang ada perbedaan standar kualitas sarana prasarana sekolah di Indonesia bagian Barat (Pulau Jawa khusunya) berbeda dengan wilayah Indonesia bagian Timur seperti Sulawesi, Maluku, Papua dll, dari segi tenaga pendidik dan kependidikan juga memiliki kualitas yang berbeda. Yang menjadi permasalahan adalah kurangnya perhatian pemerintah dalam mengelola sarana dan prasarana sekolah yang ada.

Dengan ketentuan standar nilai tertentu dalam UN sebagai syarat lulusnya sekolah malah semakin menjadikan kualitas pendidikan di Indonesia justru semakin menurun. Dengan standar nilai yang ditentukan ini, bukan hanya siswa yang merasa terbebani dengan target harus mencapai standar tersebut, tidak jarang sekolahpun ikut berperan dalam memanipulasi nilai ujian sekolah para siswa agar mampu menutupi nilai UN jikalau kurang atau bahkan tidak mencapai standar nilai tersebut, bahkan ada yang nekat membayar dengan rupiah hanya demi kunci jawaban soal UN. Hal ini dilatar belakangi karena sekolah tidak ingin turun reputasinya hanya karena ada siswanya yang tidak lulus dalam Ujian Nasional. Karena dewasa ini reputasi sekolah dilihat dari seberapa banyak siswanya yang lulus dalam Ujian Nasional. Dengan demikian Ujian Nasional bukan hanya dijadikan sebagai barometer untuk mengetahui tingkat kecerdasan siswa melainkan juga sebagai alat ukur untuk mengetahui sekolah unggulan atau tidak.

Jika kita melihat lebih jauh lagi dari segi sarana dan prasana antara sekolah yang berada di pedesaan dengan yang berada di kota jelas sekali perbedaan kualitasnya, dimana sekolah yang berada di kota falisitasnya boleh dibilang menunjang atau bahkan sangat menunjang untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan suasana yang aman dan nyaman tentunya, dimana tidak ada ancaman ruang kelas yang roboh, ataupun yang lainnya. Kontras sekali dengan fasilitas sekolah yang berada di pedesaan dimana fasilitas serta sarana prasananya yang kurang menunjang untuk terciptanya suasana belajar yang aman dan nyaman. Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan bagaimana kondisi setiap sekolah yang berada di pedesaan apakah sudah bisa memberikan kenyamanan bagi siswanya dalam proses belajar?

Berdasarkan berita yang di kutip dari detik.com besar dana yang di anggarkan oleh pemerintah untuk Ujian Nasional tahun 2013 lalu mencapai Rp. 543,4 miliar atau setengah triliun rupiah lebih untuk dana Ujian Nasional (UN) 2013. Anggaran ini setara dengan biaya per siswa Rp 39.000 dari total 14 juta siswa. Selain itu juga UN tahun 2013 yang lalu menjadi sorotan masyarakat karena keterlambatan pendistribusian soal yang menyebabkan terlambatnya penyelenggaraan UN di 11 Provinsi di Indonesia yang rencananya akan di gelar secara serentak di seluruh Indonesia. Padahal dengan anggaran sebesar itu bisa digunakan untuk memperbaiki sarana prasarana serta fasilitas di setiap sekolah yang mempunyai kekurangan agar dapat melaksanakan kegiatan belajar dengan suasana yang nyaman serta memberikan rasa aman terhadap siswanya.
Lantas seberapa efektifkah Ujian Nasional (UN) dalam proses pembelajaran untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia ini? Setuju kah anda dengan adanya Ujian Nasional (UN) sebagai barometer pendidikan di Indonesia?

Selasa, 06 Januari 2015

Hati-hati dengan Syirik



S
yirik. Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar kata tersebut? Kebanyakan orang mengira bahwa syirik itu sama dengan sifat iri. Namun, tahukah Anda bila syirik sebenarnya tidak ada kaitanya dengan penyakit hati ini (iri). Syirik sendiri merupakan salah satu penyebab dosa besar. Kenapa? untuk mengetahuinya mari simak uraian di bawah ini.
Syirik yaitu menyamakan selain Allah dengan Allah dalam Rububiyyah dan Uluhiyyah Allah swt. Syirik ini dapat disamakan dengan menduakan hati. Pernahkah anda membayangkan, bagaimana rasanya jika orang yang kita sayangi ternyata menduakan kita? Tentunya, kita merasa sakit yang luar biasa, sakit yang tak terlihat secara fisik.
Syirik (mempersekutukan Allah) merupakan dosa yang paling besar dan paling berat disisi Allah swt sebagaimana firman-Nya:

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ -١٣-
Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, “Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.”
(Q.S Luqma [31] : 13)

Dan tatkala beliau, Rasulullah Saw. ditanya, dosa apa yang paling besar? Beliau menjawab, “Kamu membuat sekutu untuk Allah, sementara Dia telah menciptakanmu.” (H.R Muttafaqun ‘Alaihi).
Allah adalah dzat yang sangat menyayangi kita, mengasihi kita, memberikan kenikmatan kepada kita, dan seterusnya. Kita diperintahkan hanya menyenbah kepada-Nya dan hanya meyakini bahwa Dia-lah yang maha segalanya. Syirik adalah satu-satunya dosa yang tak terampuni. Syirik sendiri terbagi kedalam dua jenis yaitu syirik akbar (besar) pelakunya dihukumi keluar dari Islam, dan Allah tidak akan pernah mengampuninya, sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an. Allah swt berfirman,

إِنَّ اللّهَ لاَ يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاءُ وَمَن يُشْرِكْ بِاللّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْماً عَظِيماً -٤٨-
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (Q.S An-Nisa’ [4]: 48)
Syirik besar ada empat macam:
  1.       Syirik dalam berdo’a dan permohonan

Meminta kepada orang sudah mati atau yang tidak hadir di hadapan kita adalah syirik, karena do’a adalah ibadah yang hanya Allah swt yang berhak atasnya. Allah swt berfirman :

يُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَيُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُّسَمًّى ذَلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُ وَالَّذِينَ تَدْعُونَ مِن دُونِهِ مَا يَمْلِكُونَ مِن قِطْمِيرٍ -١٣- إِن تَدْعُوهُمْ لَا يَسْمَعُوا دُعَاءكُمْ وَلَوْ سَمِعُوا مَا اسْتَجَابُوا لَكُمْ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكْفُرُونَ بِشِرْكِكُمْ وَلَا يُنَبِّئُكَ مِثْلُ خَبِيرٍ -١٤-
Dia Memasukkan malam ke dalam siang dan Memasukkan siang ke dalam malam dan Menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhan-mu, milik-Nya-lah segala kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tidak mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari. Jika kamu menyeru mereka, mereka tidak mendengar seruanmu, dan sekiranya mereka mendengar, mereka juga tidak memperkenankan permintaanmu. Dan pada hari Kiamat mereka akan mengingkari kemusyrikanmu dan tidak ada yang dapat memberikan keterangan kepadamu seperti yang diberikan oleh (Allah) Yang Maha Teliti” (Q.S Fathir [35] : 13-14)

Rasulullah Saw. bersabda : “Barang siapa yang meninggal dunia sedang ia meminta kepada niddan selain Allah, maka dia masuk neraka” (H.R Bukhari)
Niddan artinya yang dipersekutukan dengan Allah. Bagaimana mungkin si mayit diminta sesuatu darinya sementara dirinya masih membutuhkan do’a dari orang yang masih hidup, sedangkan amalnya telah terputus disebabka kematiannya, kecuali sesuatu yang dapat sampai kepadanya seperti do’a dan lainnya. Berbeda dengan orang yang masih hidup, dia masih berada pada masa beramal. Orang yang telah mati gembira apabila dido’akan . bagaimana mungkin memohon kepadanya sementara dia memerlukan bantuan (do’a). adapun orang yang masih hidup namun tidak ada di hadapan kita, tidak dapat mendengar seruan orang yang jauh darinya, maka bagaimana bisa memenuhi seruan tersebut?
2.      Syirik niat, keinginan dan kehendak
3.   Syirik ketaatan, yaitu mentaati ulama dalam mengharamkan apa yang Allah halalkan dan menghalalkan apa yang Allah haramkan.
4.    Syirik kecintaan, yaitu mencintai seseorang seperti mencintai Allah swt.

Yang kedua yaitu syirik asghar (kecil), yaitu yang tidak mengeluarkan pelakunya dari agama Islam, seperti syirik yang tersembunyi yang dapat membuat sia-sia amal perbuatnnya karena tercampur olehnya. Yang termasuk kedalam syirik kecil diantaranya : 1) Riya, 2) Bersumpah dengan selain Allah, 3) Tatayyur (ramalan).
Ringkasnya seperti itulah yang dimaksud dengan syirik. Semoga tulisan ringkas ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca yang budiman, serta mengingatkan kita akan bahayanya berbuat syirik.
Wassalam.


Daftar Pustaka
-Tafsir Sepersepuluh dari Al-Qur’an Al-Karim
-Abdul Waid, Lezatnya Qiyamul Lail, (Yogyakarta, Citra Risalah, 2011) Cet. Ke-1

Minggu, 04 Januari 2015

Etika Minum Menurut Pandangan Islam





Islam adalah agama yang sangat memperhatikan masalah makanan, baik halal maupun haram, termasuk cara makan yang baik dan cara memulainya. Seperti halnya makanan, minuman pun sangat diperhatiakan oleh Islam, termasuk cara minum. Seorang muslim harus minum dengan cara sopan. Minuman pun tidak boleh (karena diharamkan) mengandung bahan-bahan yang diharamkan, seperti alcohol. Rasulullah Saw. membandingkan cara minum yang buruk dengan cara minum onta. Tentu saja manusia lebih mulia daripada onta. Karena manusia makhluk mulia, ia harus memiliki aturan dan tata tertib-kesopanan, termasuk dalam hal minum. Perlu dijelaskan bahwa kesehatan (jasmani dan rohani) dan kebahagiaan seseorang dan masyarakat sangat tergantung dengan gaya-pola makan dan minum, termasuk jenis makanan dan minuman yang di konsumsi.

Dari Ibnu Abbas r.a telah berkata, telah bersabda Rasulullah Saw.: “Janganlah kalian minum dalam satu tarikan nafas seperti unta meminum air, tetapi minumlah dengan dua atau tiga kali jeda; dan bacalah bismillah (dengan nama Allah), ketika kalian mulai minum, dan sebutlah Alhamdulillah (segala puji bagi Allah) ketika kalian menyelesaikannya” (H.R Turmudzi)

Dari Anas bin Malik r.a telah berkata, “Rasulullah Saw. menarik tiga kali nafas untuk sekali minum” (H.R Muttafaq ‘Alaih)

Terkadang kita suka lupa karena mungkin tergesa-gesa ataupun karena memang merasa sangat haus, pada saat kita minum biasanya suka langsung meminum air yang berada di tangan kita tanpa membaca basmalah terlebih dahulu dan meminumnya dalam satu tarikan nafas. Jika kita perhatikan beberapa hadits di atas, jelaslah apa yang kita lakukan tidak sesuai dengan apa yang di contohkan oleh baginda Nabi Saw.

Salah satu kenikmatan yang sering dilupakan manusia adalah menghirup udara segar (oksigen). Manusia akan mengalami kesulitan bernafas ketika ia mencium sesuatu yang tidak sedap dan tidak enak di hirup. Jadi, nafas merupakan karunia Allah yang harus selalu di syukuri sebagaimana Ibnu Mas’ud mengatakan bahwa “Sabar memiliki 2 (dua) sisi, sisi yang satu adalah sabar, dan sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah swt.” Dengan mensyukuri nikmatnya bernafas kita sudah termasuk orang-orang yang sabar, bukankah Allah itu bersama orang-orang yang bersabar?

Ketika manusia bernafas ia menghirup atau memasukan gas oksgen (O2). Sebaliknya, ia mengeluarkan nafas, gas karbondioksida (CO2) yang akan keluar dari mulut. Dalam dunia kedokteran, gas oksigen akan memberi banyak keuntungan bagi manusia. Sebaliknya, bila yang dihirup adalah karbondioksida, kerugianlah yang akan dialami manusia.

Bila dikaitkan dengan menghirup karbondioksida itu, hadits di atas memberi peringatan kepada kita bahwa ketika seorang minum, hindari sambil bernafas. Jadi, larangan menarik nafas saat minum untuk memberi kesempatan kepada paru-paru agar terisi oleh zat kimia yang sesuai dengannya (karbondioksida). Tentu saja, makan dan minum akan lebih berkah bila diawali dan diakhiri oleh sebutan nama Allah. Bukankah nafas kita berasal dari-Nya? Bukankah makanan dan minuman yang kita rasai berasal dari-Nya? Bukankah seluruh apa yang kita miliki juga berasal dari dan akan kembali kepada-Nya?

Nah, mari sama-sama berbaiki pola hidup kita mulai dari hal-hal yang kecil, salah satunya dalam etika makan dan minum sehari-hari agar (bisa) sesuai dengan apa yang di contohkan Rasulullah Saw. melaksanakan sunnahnya merupakan bukti kita mencintai Rasulullah Saw. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca umumnya, dan mudah-mudahan manfaatnya bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa menjadi seorang muslim dan muslimah yang senantiasa mendapat rahmat dan ridha-Nya.

SANG KEKASIH SEJATI


          Pernahkah anda jatuh cinta? Setiap orang di dunia pasti pernah mengalami hal tersebut. Ketika sedang terkena “virus” ini, kita selalu merindukan si dia. Saat bertemu dengannya, kita pun betah untuk berlama-lama hanya untuk mengobrol ringan, bersenda gurau, ataupun mendengar curhat dari si dia. Waktupun terasa berjalan begitu cepat berlalu. Begitulah gambaran orang-orang yang sedang jatuh cinta, ingin selalu berdua dengan si dia. Nah, Allah swt adalah kekasih yang mengasihi kita apa adanya. Dia mengasihi kita tanpa mengharap apapun. Dia memaafkan apapun kesalahan kita, asal kita menyesalinya dengan sungguh-sungguh. Ampunan-Nya lebih besar dari dosa-dosa yang kita lakukan, dan kasih sayang-Nya jauh lebih besar dari yang kita harapkan. Dia adalah sang kekasih sejati yang mencintai kita, menyayangi kita, mengasihi kita, tanpa mengharap apapun dari kita. Dialah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Mahakarya tanpa apapun dari makhluk-Nya.

Saat melaksanakan qiyamul lail [1] , kita dapat bercengkerama (munajat) dengan Sang Kekasih Sejati, Allah swt, Tuhan yang Maha Esa, dalam suasana kedekatan yang “intim”. Hanya ada kita dan Allah swt. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita merasa nyaman dan senang dengan berlama-lama “berduaan” dengan-Nya.

Mungkin timbul pertanyaan dalam diri kita, “Kita bisa mencintai seseorang karena kita bisa melihat keindahannya. Lalu bagaimana dengan Allah swt yang tidak bisa kita lihat?” kita jawab begini, “Kita bisa saja mencintai dan bercengkerama dengan seseorang yang kita cintai tanpa melihat dirinya. Lihat saja fenomena saat ini, banyak remaja kita yang ber-SMS-an ria tanpa melihat dengan siapa dia berkomunikasi. Kita tak melihat dengan siapa ber-SMS, namun kita sudah merasa puas.” Lalu, kembali timbul pertanyaan dalam diri kita, “Jika dengan SMS,  kita bisa tanya jawab, bahkan curhat, melalui tulisan tanpa melihat lawan bicara kita, lalu bagaimana kita bercengkerama dengan-Nya? Kita tak tahu jawaban dari-Nya?” bisa kita jawab begini, “Apakah kita ragu bahwa Dia bisa mendengar segala yang kita ungkapkan? Bukankah Dia Maha Mendengar? Jika Maha Mendengar, tentunya Dia juga akan menjawab (mengabulkan) segala apa yng kita curahkan.” Kita yakin bahwa jawaban-Nya jauh melebihi yang kita duga. Ingat kasih sayang dan cinta-Nya jauh lebih besar dari yang kita perkirakan. Barangkali jawban dari kekasih kita lewat SMS hanyalah basa-basi ataupun rayuan gombal untuk sekedar menghibur kita. Namun apakah Dia juga begitu? Tidak, Dia selalu menepati janji-Nya, tak ada istilah rayuan gombal atau basa-basi menghibur dalam “kamus”-Nya. Dia lebih dekat dari urat nadi kita.

 وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ -١٦-
Dan sungguh, Kami telah Menciptakan manusia dan Mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya”. (Q.S Qaf [50] : 16)

Pendorong utama kita mau melaksanakan qiyamul lail adalah keimanan yang tebal. Bukankah iman yang tebal akan menambah kekhusuykan kita dalam beribadah? Nabi saw bersabda: “Iman adalah jika engkau menyembah Allah seakan-akan engkau melihat-Nya: dan jika tidak mampu, maka Dia sungguh melihatmu.” Nah, inilah sebenarnya kunci yang bisa membuka hati dan pikiran agar mau mengerjakan perbuatan yang baik dan menghindari perbuatan buruk. Pada saat beribadah kepada-Nya kita harus benar-benar insaf bahwa Dia melihat kita. Kita diawasi oleh-Nya. Dia Maha Melihat kapan pun di mana pun kita berada.

Pernahkah anda memperhatikan seorang buruh atau karyawan? Tidak jarang seorang karyawan giat dan terlihat rajin bekerja saat ada majikan. Dia berharap, dengan bekerja keras, sang majikan akan menaikkan gajinya. Ketika sang majikan tidak ada, dia bekerja sekadarnya, bahkan sambil ngobrol dengan beberapa teman di sebelahnya. “Bukankah tak ada yang melihat?” begitu yang terlintas dalam pikirannya.

Namun sadarkah kita bahwa Allah  terus mengawasi gerak-gerik kita? Bahkan apa yang terlintas dalam pikiran juga diketahui oleh-Nya. Oleh karena itu, kita seharusnya sangat bersemangat untuk melaksanakan qiyamul lail karena Dia melihat kita. Kita ingin Dia melihat kita selalu dalam perbuatan baik. Kita usahakan sisa umur kita, yang tak diketahui sampai kapan, diisi dengan perbuatan-perbuatan terpuji. Kita yakin bahwa Dia akan “menggaji” kita, jauh dari hitungan matematis yang selama ini kita pahami.

Selanjutnya, iman yang kuat ini akan melahirkanrasa khusyuk. Kekhusyukan inalah yang menjadikan ibadah terasa nikmat. Andaikata kita melakukan shalat tanpa disertai kekhusyukan , misalnya sambil mengingat hal-hal lain, kita sebenarnya sedang “menghina” dan mencuekin Allah swt. Kok bisa? Coba bayangkan atau barangkali kita pernah mengalami. Ada seorang teman yang sedang bercerita atau curhat, namun ia mengatakannya sambil menoleh atau bermain-main dengan HP-nya, sedangkan kita menatapnya dengan antusias. Lalu apa kira-kira yang ada di pikiran kita? Teman tersebut kita anggap sebagai orang yang tidak sopan, bahkan menghina kita. Dia bercerita sambil menoleh atau bermain HP sama saja dengan main-main, tidak bersungguh-sungguh bahkan bisa jadi menghina kita.

Orang yang tubuhnya sedang shalat, sementara hati dan pikirannya sedang “di dapur”, “di kantor”, “di pasar”, “di kampus” dan seterusnya. Sama saja dengan orang yang mengobrol sambil main-main HP. Sadarkah Anda, saat kita beribadah (shalat), kita sebenarnya sedang bercengkerama dengan Sang Kekasih Sejati. Karena itu, ketika shalat kita usahakan seluruh pikiran kita terfokus dan konsentras hanya kepada-Nya. Untuk beberapa menit kita lupakan segala permasalahan kantor, tagihan telepon yang membengkak di bulan ini, dan seterusnya. Dalam waktu yang hanya beberapa menit ini, kita curahkan segala pikiran kita hanya untuk-Nya.



[1]  Qiyam artinya ‘berdiri’ atau ‘bangun’, sedangka al-lail berarti malam. Jadi, qiyamul lail bangun pada waktu malam untuk beribadah kepada Allah swt dengan berdzikir, membaca al-Qur’an, beritikaf, atau melaksanakan shalat sunnah.