Rabu, 18 September 2013


MANUSIA BERDASARKAN PERSEPSI AL-QUR’AN 
DAN FILSAFAT PEMIKIRAN

Manusia merupakan makhluk yang paling istimewa dibandiungkan dengan makhluk yang lain dimana manusia memiliki kelebihan yang luar biasa. Kelebihan itu adalah dikaruniakannya akal, qolbu (hati) dan potensi-potensi lain yang dapat digunakan sebagai modal mengembangkan kehidupan. Dengan akalnya manusia mampu mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya serta mampu mengatur dan mengelola alam semesta sebagai amanah dari Allah SWT. Dengan qolbunya pulalah manusia dapat menjadikan dirinya sebagai mahkluk bermoral , merasakan keindahan, kenikmatan beriman dan kehadiran Illahi secara spiritual (Jalaluddin, 2003: 14). Dengan potensi-potensi yang ada pada diri manusia, membuat manusia memiliki dua kecenderungan yakni menjadi orang baik atau menjadi orang jahat.
Jika kita berbicara mengenai manusia, maka banyak sekali kajian atau pemikiran yang sampai kapanpun akan tetap menjadi persoalan dan misteri yang tak terselesaikan. Hal ini dikarenakan manusia sebagai makhluk Allah SWT dengan memiliki latar belakang kehidupan yang penuh rahasia. Dengan latar belakang tersebut memberikan keterbatasan bagi para ilmuan dalam mengkajinya. Walaupun demikian, sebagai hamba yang lemah, usaha untuk mempelajarinya tidaklah berhenti begitu saja. Banyak sumber yang mendukung untuk mempelajari manusia. Diantara sumber yang paling tinggi adalah kitab Al-Qur’an. Yang mana didalamnya terdapat petunjuk-petunjuk tentang bagaimana penciptaan manusia. Konsep-konsep tentang manusia banyak di bahas, mulai dari proses penciptaan sampai kepada fungsinya sebagai makhluk ciptaan Allah SWT.
Dalam makalah ini saya berupaya untuk menguraikan secara sederhana tentang hakikat manusia dan kedudukannya di alam semesta dengan berbagai sumber dan referensi yang telah saya dapat. Dan tentunya ini merupakan kajian untuk mempelajari penciptaan manusia.
Diantara berbagai konsep-konsep mengenai bagaimana penciptaan manusia yang terkandung di dalam Al-Qur’an ada beberapa konsep yang bisa di jadikan rujukan untuk mempelajari penciptaan manusia, diantaranya :
1. Konsep Al-Basyr
2. Konsep Al-Insan
3. Konsep An-Nas
4. Konsep Bani Adam
5. Konsep Al-Ins
6. Konsep Abd Allah
7. Konsep Khalifah Allah
Konsep-konsep di atas merupakan konsep mengenai penciptaan manusia berdasarkan Al-Qur’an, selain itu ada persfektif menurut filsafat yang dikemukakan oleh para pemikir filsafat, diantaranya :
1. Aliran Serba Zat
2. Aliran Serba Ruh
3. Aliran Dualisme
4. Aliran Eksistensialisme

Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba sedikit memaparkan berbagai konsep dan aliran-aliran yang berhubungan dengan penciptaan manusia.

1. Konsep Al-Basyr
Berdasarkan konsep basyr, manusia tidak jauh berbeda dengna makhluk biologis lainnya. Dengan demikian kehidupan manusia terikat kepada kaidah prinsip kehidupan biologis seperti berkembang biak. Mengenai proses dan fase perkembangna manusia sebagai makhluk biologis, ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an, yaitu :

a. Prenatal (sebelum lahir) proses penciptaan manusia berawal dari pembuahan (pembuahan sel dengan sperma) di dalam rahim, sebagaimaa firman Allah dalam QS Al-Mu’minuun ayat 12-14 yang artinya :
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanahKemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.” (QS Al-Mu’minuun: 12-14).
b. Post Natal (sesudah lahir) proses perkembangan dari bayi, remaja, dewasa, dan usia lanjut, sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Mu’min ayat 67 yang artinya :
Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari setetes mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), kemudian (dibiarkan kamu hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami(nya)” (QS Al-Mu’min :67).

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa manusia dalam konsep al-basyr ini dapat berubah fisik, yaitu semakin tua fisiknya akan semakin lemah dan akhirnya meninggal dunia. Hal ini sudah dijelaskan oleh Allah dalam QS. Ar-Ruum ayat 54.

Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (QS Ar-Ruum : 54). 

Dan dalam konsep al-basyr ini juga dapat tergambar tentang bagaimana seharusnya peran manusia sebagai makhluk biologis. Bagaimana dia berupaya untuk memenuhi kebutuhannya secara benar dan sesuai dengan tuntunan penciptanya.

2. Konsep Al-Insan.
Kata insan bila dilihat asal kata al-nas, berarti melihat, mengetahui, dan minta izin. Atas dasar ini, kata tersebut mengandung petunjuk adanya kaitan substansial antara manusia dengan kemampuan penalarannya. Manusia dapat mengambil pelajaran dari hal-hal yang dilihatnya, dapat mengetahui apa yang benar dan apa yang salah, serta dapat meminta izin ketika akan menggunakan sesuatu yang bukan miliknya. Berdasarkan pengertian ini, tampak bahwa manusia mampunyai potensi untuk dididik (Abuddin Nata, 1997: 29). Jelas sekali dengan potensi yang ada, manusia mampu mengembangkan potensinya untuk berkreasi dan berinovasi, dari kreativitasnya manusia mampu menghasilkan sejumlah kegiatan berupa pemikiran (ilmu pengetahuan), kesenian, ataupun benda-benda ciptaan yang nantinya berguna untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan manusia itu sendiri. Kemudian dengan kemampuan berinovasi, manusia mampu merekayasa temuan-temuan baru dalam berbagai bidang. Dengna demikian manusia dapat menjadikan dirinya makhluk yang berbudaya dan berperadaban. Inilah karunia dari sang pencipta yang maha kuasa dengan di berikannya akal kepada manusia.

3. Konsep Al-Nas
Dalam konsep an-naas pada umumnya dihubungkan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial (Jalaluddin, 2003: 24) sebagaimana dalam QS Al-Hujuraat ayat ke 13 yang artinya :
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. AL-Hujuraat : 13). Tentunya sebagai makhluk sosial manusia harus mengutamakan keharmonisan didalam bermasyarakat, manusia harus hidup bersaudara dan tidak boleh saling menjatuhkan satu sama lain. Secara sederhana, inilah sebenarnya fungsi manusia dalam konsep an-naas.

4. Konsep Bani Adam
Menurut Thabathaba’i dalam Samsul Nizar (2001: 52), penggunaan kata bani Adam menunjuk pada arti manusia secara umum. Dalam hal ini setidaknya ada tiga aspek yang dikaji, yaitu:
Pertama, anjuran untuk berbudaya sesuai dengan ketentuan Allah, di antaranya adalah dengan berpakaian guna manutup auratnya.
Kedua, mengingatkan pada keturunan Adam agar jangan terjerumus pada bujuk rayu setan yang mengajak kepada keingkaran.
Ketiga, memanfaatkan semua yang ada di alam semesta dalam rangka ibadah dan mentauhidkanNya. Kesemuanya itu adalah merupakan anjuran sekaligus peringatan Allah dalam rangka memuliakan keturunan Adam dibanding makhluk-Nya yang lain.

5. Konsep Al-Ins
Al-Ins adalah homonim dari Al-Jins dan Al-Nufur. Lebih lanjut Quraish Shihab mengatakan bahwa dalam kaitannya dengan jin, maka manusia adalah makhluk yang kasab mata. Sedangkan jin adalah makhluk halus yang tidak tampak (Jalaluddin, 2003: 28).
Sisi kemanusiaan pada manusia yang disebut dalam al-Qur’an dengan kata al-Ins dalam arti “tidak liar” atau “tidak biadab”, merupakan kesimpulan yang jelas bahwa manusia yang insia itu merupakan kebalikan dari jin yang menurut dalil aslinya bersifat metafisik yang identik dengan liar atau bebas (Aisyah Bintu Syati, 1999: 5). Dari pendapat di atas dapat dikatakan bahwa dalam konsep al-ins manusia selalu di posisikan sebagai lawan dari kata jin yang bebas. bersifat halus dan tidak biadab.

6. Konsep Abd Allah
M. Quraish Shihab dalam Jalaluddin (2003: 29), seluruh makhluk yang memiliki potensi berperasaan dan berkehendak adalah Abd Allah dalam arti dimiliki Allah. Selain itu kata Abd juga bermakna ibadah, sebagai pernyataan kerendahan diri.
Menurut M.Quraish Shihab (Jalaluddin, 2003: 29), Ja’far al-Shadiq memandang ibadah sebagai pengabdian kepada Allah baru dapat terwujud bila seseorang dapat memenuhi tiga hal, yaitu:

1. Menyadari bahwa yang dimiliki termasuk dirinya adalah milik Allah dan berada di bawah kekuasaan Allah.
2. Menjadikan segala bentuk sikap dan aktivitas selalu mengarah pada usaha untuk memenuhi perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.
3. Dalam mngambil keputusan selalu mengaitkan dengan restu dan izin Allah.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dalam konsep Abd Allah, manusia merupakan hamba yang seyogyanya merendahkan diri kepada Allah. Yaitu dengan menta’ati segala aturan-aturan Allah.

7. Konsep Khalifah Allah
Pada hakikatnya eksistensi manusia dalam kehidupan dunia ini adalah untuk melaksanakan kekhalifahan, yaitu membangun dan mengelola dunia tempat hidupnya ini., sesuai dengan kehendak Penciptanya. Menurut Jalaluddin (2003: 31) sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah ayat kee 30 yang artinya :
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."(QS. Al-Baqarah: 3). Dalam peran ini manusia penting menyadari bahwa kemampuan yang dimilikinya untuk menguasai alam dan sesama manusia adalah karena penegasan dari Penciptanya.
Konsep selanjutnya yakni manusia dalam perspektif filsafat. Para ahli filsafat mencoba memaknai hakikat manusia, mereka menamai manusia sesuai dengan potensi yang ada pada manusia itu. Berdasarkan potensi yang ada, para ahli pikir dan ahli filsafat tersebut memberi nama pada diri manusia di muka bumi ini, para ahli pikir dan ahli filsafat tersebut memberi nama pada diri manusia dengan sebutan-sebutan sebagai berikut:
a. Homo Sapiens, artinya makhluk yang mempunyai budi.
b. Animal Rational, artinya binatang yang berpikir.
c. Homo Laquen, artinya makhluk yang pandai menciptakan bahasa dan menjelmakan pikiran manusia dan perasaan dalam kata-kata yang tersusun.
d. Homo Faber, yaitu makhluk yang terampil, pandai membuat perkakas, atau disebut juga tool making animal, yaitu binatang yang pandai membuat alat.
e. Aoon Politicon, yaitu makhluk yang pandai bekerjasama, bergaul dengan orang lain dan mengorganisasi diri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
f. Homo Economicus, yaitu makhluk yang tunduk pada prinsip-prinsip ekonomi dan bersifat ekonomis.
g. Homo Religius, yaitu makhluk yang beragama.
(Syahminan Zaini, 1980: 5-6)
Dalam perspektif filsafat, konsep manusia menurut Jalaluddin (2003: 32-33) juga mencakup ruang lingkup kosmologi (bagian dari alam semesta), antologi (pengabdi Penciptanya), philosophy of mind (potensi), epistemology (proses pertumbuhan dan perkembangan potensi) dan aksiologi (terikat nilai-nilai).
Berbicara mengenai pandangan filsafat tentang hakikat manusia, ada 4 aliran yang ditawarkan oleh para ahli filsafat. Adapun keempat aliran tersebut, seperti yang dikutip Jalaluddin dan Abdullah (1997:107-108) dan Zuhairini (1995:71-74) adalah sebagai berikut:
a. Aliran Serba Zat.
Aliran ini menyatakan bahwa yang sungguh-sunguh ada hanyalah zat atau materi. Zat atau materi itulah hakikat sesuatu. Alam ini adalah zat atau materi, dan manusia adalah unsur alam. Oleh karena itu, hakikat manusia adalah zat atau materi.
b. Aliran Serba Ruh. 
Aliran ini berpandangan bahwa hakikat segala sesuatu yang ada di dunia ini ialah ruh, termasuk juga hakikat manusia. Adapun zat atau materi adalah manifestasi ruh di atas dunia ini. Dengan demikian, jasad atau badan manusia hanyalah manifestasi atau penjelmaan ruh.
c. Aliran Dualisme.
Aliran ini menggabungkan pendapat kedua aliran di atas. Aliran ini berpandangan bahwa hakikatnya manusia terdiri dari dua substansi, yaitu jasmani dan rohani. Kedua substansi ini merupakan unsur asal, tidak tergantung satu sama lain. Jadi, badan tidak berasal dari ruh, dan sebaliknya, ruh tidak berasal dari badan. Dalam perwujudannya, manusia tidak serba dua, melainkan jadi hubungan sebab akibat yang keduanya saling mempengaruhi.
d. Aliran Eksistensialisme.
Aliran ini memandang manusia dari segi eksistensinya. Menurut aliran ini, hakikat manusia merupakan eksistensi atau perwujudan sesungguhnya dari manusia. intinya, hakikat manusia adalah apa yang menguasai manusia secara menyeluruh.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam perspektif filsafat, manusia dinamai berdasarkan fungsi dan potensinya. Dan manusia juga dipandang dalam bentuk aliran-aliran oleh para ahli filsafat.


Kesimpulan.
Kajian mengenai manusia sangat luar biasa sekali uniknya. Sangtalah pantas kalau manusia di sebut sebagai makhluk yang mulia diantara makhluk yang lainya dengan di karuniakannya akal sehingga mausia mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Dilihat dari proses penciptaanya sampai kepada fungsinya, sudah menunjukkan bahwa manusia merupakan makhluk yang terpilih oleh Allah SWT. Dilihat dari uraian singkat di atas perlu digaris bawahi berkaitan tentang penciptaan manusia, bahwa pandangan mengenai penciptaan manusia dapat dilihat dari dua perspektif.

A. Perspektif Al-Qur’an.
Di dalam Al-Qur’an sudah terlebih dahulu di jelaskan bahwa manusia diciptakan mulai dari pembuahan (pembuahan sel telur dan sperma) di dalam rahim (QS. Al-Mu’minuun : 12-14) kemudian Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna (At-Tiin : 4) yakni bukan hanya kesempurnaan fisik melainkan juga dengan kesempurnaan akal, dimana dengan akalnya manusia menjadi makhluk yang paling mulia di antara makhluk-makhluk biologis lain yang ada di alam semesta, dengan akalnya manusia mampu bereksplorasi di bidang ilmu pengetahuan, mempunyai moral dan sifat dalam nilai-nilai kemanusiaan dan bersosialisasi, serta memiliki tanggung jawab dalam memimpin, baik dirinya sendiri maupun masyarakat yang luas dalam segi ibadah kepada Allah SWT. Karena dalam hakikatnya manusia lahir ke dunia dalam keadaan islam.

B. Perspektif Filsafat
Dalam perspektif filsafat, konsep manusia menurut Jalaluddin (2003: 32-33) juga mencakup ruang lingkup kosmologi (bagian dari alam semesta), antologi (pengabdi Penciptanya), philosophy of mind (potensi), epistemology (proses pertumbuhan dan perkembangan potensi) dan aksiologi (terikat nilai-nilai).
Selain itu para ahli menamai manusia berdasarkan potensinya, yaitu:
1. Homo Sapiens, artinya makhluk yang mempunyai budi.
2. Animal Rational, artinya binatang yang berpikir.
3. Homo Laquen, artinya makhluk yang pandai menciptakan bahasa dan menjelmakan pikiran manusia dan perasaan dalam kata-kata yang tersusun.
4. Homo Faber, yaitu makhluk yang terampil, pandai membuat perkakas, atau disebut juga tool making animal, yaitu binatang yang pandai membuat alat.
5. Aoon Politicon, yaitu makhluk yang pandai bekerjasama, bergaul dengan orang lain dan mengorganisasi diri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
6. Homo Economicus, yaitu makhluk yang tunduk pada prinsip-prinsip ekonomi dan bersifat ekonomis.
7. Homo Religius, yaitu makhluk yang beragama.


DAFTAR PUSTAKA

1. Jalaluddin. 2003. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
2. Abuddin Nata. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
3. Samsul Nizar. 2001: 52 
4. Hadiasyah. Y. 2013.